BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Mutu pendidikan merupakan salah satu
unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.Sejalan
dengan itu,hal yang sangat
penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar.Masalah umum yang sering dihadapi oleh
peserta didik.
khususnya para siswa
adalah masih cukup banyak yang belum dapat mencapai prestasi belajar yang
memuaskan. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan prestasi belajar tersebut
mengalami kegagalan dalam bidang akademik baik faktor-faktor yang berada dalam
diri siswa
maupun faktor-faktor yang berada diluar diri siwa seperti tingkat intelegensi yang
rendah,kurangnya motivasi belajar,cara
belajar yang kurang efektif, minimnya frekuensi dan jumlah waktu belajar,
tingkat disiplin diri yang rendah, media belajar atau bahan ajar yang masih
kurang disediakan pihak sekolah
dan sebagainya.Demi mencapai prestasi belajar yang memuaskan tersebut dengan
sistem pendidikan perkuliahan yang semakin maju dan didukung juga perkembangan
teknologi.Teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah
cara seseorang untuk belajar,untuk memperoleh
informasi,menyesuaikan informasi dan sebagainya.
Adobe
Photoshop adalah salah satu aplikasi perangkat lunak editor
gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan
pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini banyak
digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, Photoshop Selain
memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa
unggulan fitur yang mampu bekerja maximal
Photoshop
mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam
format BITMAP (Lihat tulisan mengenai BITMAP VS VECTOR). Oleh karena itu
Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto adalah salah
satu gambar dengan format BITMAP.
1.2 Tujuan
Dan Manfaat
1.2.1 Tujuan
a. Sebagai latihan para siswa.
b. Untuk memperkenalkan kepada masyarakat
luas bahwa media pelajaran tidak hanya menggunakan tenaga manual saja tapi juga
ada media interaktif.
1.2.2 Manfaat
a. Siswa
dapat mengetahui tentang adobe photoshop.
b. Sebagai media
pembelajaran yang berguna bagi teknologi multimedia
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Keunggulan dan Fungsi
Adapun
keunggulan dan fungsi dari media interaktif yang dibuat adalah sebagai berikut:
2.1.1
Keunggulan dari media interaktif
ini adalah media pembelajaran yang di sertai video dan audio
2.1.2 Dapat digunakan untuk media pembelajaran yang berguna
bagi tehknologi multimedia.
2.2
Bahan
NO
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
1
|
Adobe Photoshop
|
CS3
|
2
|
Adobe Flash
|
CS3
|
3
|
Camtasia Studio
|
4
|
4
|
Adobe Premiere Pro
|
2
|
5
|
Nero Express Essential
|
7
|
2.3
Fasilitas dan Peralatan
No
|
Nama
Alat
|
Spesifikasi
|
jumlah
|
Pemilik
|
1
|
Computer
|
·
Intel
Pentim 4
·
RAM
512 MB
·
VGA
min 16 MB
·
CD-ROM.CD-R
·
Hard
Disk 40Gbyte
·
Monitor
·
Keyboard
·
Mouse
·
UPS/Stavolt
|
1 unit
|
Sekolah
|
2
|
Speaker
|
Sound
|
1 buah
|
Sekolah
|
3
|
Stopcontak
|
5
Meter
|
1 buah
|
Sekolah
|
4
|
CD Blank
|
CD-R
|
1 buah
|
Pribadi
|
5
|
DVD
|
DVD-RW
|
1 buah
|
Pribadi
|
2.4
PROSES PRODUKSI (SISTEMATIKA KERJA)
2.1.1 Pre Produksi
2.4.1.1 Membuat Proposal
2.4.1.2 Membuat laporan
tentang media interaktif
2.4.2 Proses Produksi
2.4.2.1 Dubbing audio
2.4.2.2 Membuat video
2.4.2.3 Mengcapture
2.4.2.4
Membuat isi di adobe flash
2.4.2.5 Mengimport
video dan audio ke adobe flash
2.4.2.6
Mengedit video dan audio
2.4.2.7
Membuat CD label dan cover luar
2.4.3 Pra Produksi
2.4.3.1 Packaging ke dalam CD-Autorun
2.4.3.2 Membuat proposal
2.4.3.3 Presentasi
2.5
RENCANA ANGGARAN BIAYA
2.5.1
Perkiraan Biaya
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Satuan
|
Harga
|
|
Satuan
(Rp)
|
Jumlah
|
||||
1
|
Harga Bahan:
Ø
CD
Kosong
Ø
DVD
Kosong
Ø
Label
CD
|
1
1
1
|
Biji
Biji
Set
|
3.000,-
4.000,-
2.000,-
|
3.000,-
4.000,-
2.000,-
|
2
|
Biaya:
Ø
Transportasi
Ø
Konsumsi
Ø
Akses
Internet
Ø
Print
|
2
2
1
1
|
Liter
bungkus
Jam
Set
|
5.000,-
10.000,-
3.000,-
2.000,-
|
10.000,-
20.000,-
3.000,-
2.000,-
|
3
|
Total
|
|
|
|
44.000,-
|
2.5.2 Sasaran Pengguna
2.5.2.1 Siswa-Siswi
2.5.2.2 Para siswa yang bersangkutan.
2.6
JADWAL PELAKSANAAN
No
|
Kegiatan
|
MINGGU
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Perencanaan Produk
|
|
|
|
Terlaksana
|
2
|
Perencanaan Proses
|
|
|
|
Terlaksana
|
3
|
Mendubbing video dan audio
|
|
|
|
Terlaksana
|
4
|
Mengedit video dan audio
|
|
|
|
Terlaksana
|
5
|
Mengcapture
|
|
|
|
Terlaksana
|
6
|
Mengimport video dan audio
|
|
|
|
Terlaksana
|
7
|
Mengerjakan adobe flash
|
|
|
|
Terlaksana
|
8
|
Membuat intro
|
|
|
|
Terlaksana
|
9
|
Packing ke dalam CD Autoran
|
|
|
|
Terlaksana
|
10
|
Desain Cover
|
|
|
|
Terlaksana
|
11
|
Burning CD/DVD
|
|
|
|
Terlaksana
|
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dengan
media pembelajaran ini dapat membantu siswa-siswi untuk mengetahui tentang pembelajaran media interaktif.semoga
dengan media pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi.
3.2
Saran
Dalam pembuatan media interaktif ini mungkin belum
sesempurna yang diinginkan maka,apabila ada kritik dan saran anda dapat memotifasi
kami untuk bisa membuat yang lebih baik.
0 komentar:
Posting Komentar